Jumat, 21 Oktober 2011

Budaya Kalimantan Barat Seni Kebudayaan Daerah Kalbar

Budaya Kalimantan Barat Seni Kebudayaan Daerah Kalbar - Propinsi Kalimantan Barat di kenal dengan provinsi "Seribu Sungai". Sebutan tersebut berkaitan dengan banyaknya sungai yang terdapat di Kalbar. Kekayaan kebudayaan daerah Kalimantan Barat tarian, seni tarian tradisional, alat musik dll.

Kebudayaan Kalimantan Barat

Bahasa Daerah Kalimantan Barat
Walaupun sebagian besar penduduk Kalbar menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa yang di gunakan sehari hari tapi di propinsi ini juga terdapat bahasa Melayu Pontianak, bahasa Melayu Sambas serta Bahasa Senganan. Propinsi Kalbar juga memiliki beragam bahasa daerah seperti Bahasa Dayak. Bahkan bahasa Dayak ini memiliki banyak dialek.

Tarian Daerah Kalimantan Barat
Memiliki jenis tarian sebagai tarian untuk penyembuhan diantaranya adalah Tari Monong, Manang atau tarian Baliatn. Konon Tarian ini berfungsi sebagai penolak atau penangkal penyakit. Tarian ini juga menjadi bagian dari upacara adat Bemanang/Balian.

Tari Pingan : Bagi masyarakat Dayak Mualang Kabupaten Sekadau tari pingan merupakan tari hiburan masyarakat karena memperoleh rezeki/tuah yang diberikan oleh Tuhan.

Tari Jonggan : Bagi masyarakat Dayak Kanayatn di daerah Kubu Raya, Mempawah, Landak Tari Jonggan merupakan tari pergaulan yang meceritakan tentang suka cita dan kebahagiaan dalam pergaulan muda mudi Dayak.

Alat Musik Daerah Kalimantan Barat
Ada beberapa macam nama alat musik tradisional seperti Gong, Kollatung(disebut Uut Danum) dimana alat musik dibuat dari kuningan dan cara memainkannya dengan cara di pukul.

Alat musik Tawaq (sejenis Kempul) alat musik ini sering di pakai untuk mengiringi tarian tradisional masyarakat Dayak pada umumnya.

Alat Musik Sapek : Sebuah alat musik petik yang berasal dari Kabupaten Kapuas hulu dikalangan masyarakat Dayak Kayaan Mendalam kabupaten Kapuas hulu.

Senjata Tradisional Kalimantan Barat
Kalimantan Barat Memiliki beragam senjata tradisional di antaranya adalah Mandau, Keris, Tumbak, Sumpit, Senapang Lantak, Duhung, Isou Bacou atau Parang yang kedua sisinya tajam, Lunjuk atau sejenis tumbak untuk berburu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar